Siswa-siswi saat ini membutuhkan
perhatian dalam peningkatan prestasi belajar. Hal ini disebabkan prestasi yang
tak pernah meningkat dan tak jarang prestasi yang mereka miliki menurun.
Sehingga perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
para siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor eksternal
dan faktor internal.
Faktor internal yaitu yang berasal dari dalam diri siswa.
Faktor ini lebih kekesadaran siswa-siswi itu sendiri dalam peningkatan prestasi
belajar mereka. Adapun beberapa faktor yaitu kesehatan jasmani dan
rohani,motivasi diri, asupan gizi dan strategi. Kesehatan jasmani dan rohani
merupakan faktor utama yang dibutuhkan. Karena Proses belajar akan terganggu
bila kesehatan terganggu. Kemudian, faktor motivasi diri juga sangat penting
karena jika tak ada motivasi dalam diri maka bagaimana pun prestasi siswa tak
akan ada peningkatan. Sehingga untuk meningkatkan prestasi siswa perlu
pengarahan terlebih dahulu untuk memberikan kesadaran dan semangat bagi siswa.
Selain itu, asupan gizi merupakan hal yang sering dihiraukan. Untuk meningkatan
prestasi siswa dibutuhkan asupan gizi yang pas. Hal ini harus sejalan sehingga
lebih mudah dalam proses peningkatannya. Dan strategi juga penting karena jika
strategi tidak di atur maka faktor yang lain tidak akan mempengaruhi dengan
baik.
Faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar diri.
Adapun beberapa faktor yaitu lingkungan, sarana prasarana dan kelompok belajar
(sosial). Tentunya lingkungan sangat mempengaruhi bagaimana siswa dalam
meningkatkan prestasi belajarnya. Kemudian sarana prasarana juga akan mendukung
prestasi siswa. Keterbatasan sarana prasarana yaang kurang membuat prestasi
belajar siswa juga kurang. Selain itu, kelompok belajar juge mempengaruhi.
Dengan belajar kelompok siswa akan lebih mudah dalam memamhami pelajaran dan
dengan begitu secara tidak langsung dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar